fbpx

Tentang Palestina

Monday, 30 December 2019 00:25

Bersama Inggris: Gelombang Kedua Kedatangan Israel Bertujuan Menjajah Palestina

Rate this item
(1 Vote)

Hingga hari ini wilayah Palestina terus bergolak. Rakyat Palestina masih dalam kungkungan penjajahan zionis Israel. Berikut ini adalah sejarah Israel masuk Palestina.

Masa Sebelum Israel Masuk Palestina
Sejarah Palestina diawali dengan bangsa Kan’an yang berasal dari jazirah Arab di tahun 2500 SM yang membangun sekitar 200 kota dan desa di Palestina yakni ada Pisan, dan Alqolan, juga Aka, serta Haifa, dan al Khalil, juga Usud, serta Bi’ru Alsaba’ dan juga Betlehem. Mayoritas penduduk Palestina yang sekarang khususnya yang ada di wilayah pedesaan adalah merupakan keturunan dari khabilah bangsa Kan’an, Umuriyah dan juga Filistin. Sedangkan nama Palestina itu diambil dari salah satu nama bangsa pelaut yang bermukim di pesisir dan lalu berasimilasi dengan bangsa Kan’an, yakni bangsa Filistin yang kemungkinan datang dari daerah barat Asia kecil serta wilayah laut Ijah di sekitar abad ke 12 SM.

Masa Kedatangan Nabi Ibrahim
Sesuai sejarah tanah Palestina menurut Al Quran, maka Nabi Ibrahim pun datang ke wilayah Kanaan, kini disebut Palestina itu setelah berhasil selamat dari kobaran api siksaan raja Namrud. Kejadiannya adalah sekitar abad ke 19 sebelum Masehi. Nabi Ibrahim pun berhasil mengembalikan keislaman bangsa Kanaan di wilayah Palestina yang waktu itu menyembah berhala. Nabi Ibrahim bersama istrinya Sarah dan anaknya, Ishaq, lalu tinggal di Palestina. Sedangkan istrinya yang satu lagi, yakni Hajar dengan putranya Ismail, tinggal di Mekah. Hingga kemudian nabi Ya’kub, cucu nabi Ibrahim dan anaknya nabi Yusuf pindah ke Mesir. Keturunan dari nabi Ya’kub inilah yang disebut sebagai Bani Israel.

Kedatangan Yahudi ke Palestina di masa Nabi Musa dan Nabi Harun
Bangsa Yahudi tinggal di Mesir hingga masa Firaun Thotmosis yang kejam, dan nabi Musa berusaha menyelamatkan kaum Yahudi ke Palestina. Namun upaya Israel masuk Palestina baru berhasil di bawah kepemimpinan Yusya, setelah masa kepemimpinan Elizar, anak nabi Harun usai. Sejak saat itu bangsa Yahudi dan bangsa Kanaan Palestina hidup berdampingan secara damai berbaur, melewati masa nabi Daud hingga kemudian ke masa putranya, Nabi Sulaiman.

Penjajahan Palestina oleh Romawi
Namun sesudahnya lalu tiba era kedatangan bangsa Romawi, yang menjajah dan sekaligus mengganti nama Kanaan menjadi Palestina.

Era Kekhalifahan Umar di Palestina
Lalu Persia berhasil membebaskan wilayah Palestina dari penjajahan Romawi, dan kemudian berlanjut ke masa kekhalifahan Umar bin Khatab, yang berhasil mengambil alih penguasaan Palestina ke tangan muslim. Beberapa situs keagamaan mulai dibangun kembali, termasuk juga kubah emas di samping masjidil Aqsa. Rakyat Palestina bisa hidup dalam kedamaian meski dalam ragam budaya dan agama di bawah kepemimpinan kekhalifahan Umar bin Khatab. Lalu berlanjut ke era Ottoman.

Penjajahan Inggris dan Gelombang Kedua Kedatangan Israel ke Palestina
Setelah 400 tahun di bawah kepemimpinan Ottoman, lalu datang Inggris menjajah Palestina di tahun 1917. Sejak saat itu tak ada lagi kedamaian di bumi Palestina, karena dengan dukungan Inggris Yahudi Israel membentuk zionis Israel yang bertujuan menjajah dan mau mengambil alih wilayah Palestina. Sejak saat itulah bangsa Yahudi kembali memasuki Palestina, dan bahkan menggusur tanah milik rakyat Palestina diubah menjadi pemukiman ilegal bagi warga Israel, dan merasa seolah-olah kawasan Palestina itu sebagai tanah airnya, padahal mereka sama sekali tidak berhak.

Itulah sejarah Israel masuk Palestina. Sungguh suatu cobaan dan ujian yang sangat berat bagi rakyat Palestina, kini harus terus menerus hidup dalam jajahan zionis Israel.••• ESC_dari berbagai sumber

Read 1073 times

GET NEWSLETTER

Dapatkan berita terkini dari SADAQA langsung ke alamat email Anda

GRIYA SADAQA

Jl. Ciputat Raya No.6
Pondok Pinang
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan 12310
INDONESIA

Email: info@sadaqa.or.id
Phone: 021 - 75900118

GET NEWSLETTER

Dapatkan berita terkini dan informasi aktivitas SADAQA lainnya langsung melalui e-mail Anda:

DATA KUNJUNGAN

162998
Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
TOTAL
122
481
2256
162998
Your IP: 3.236.16.13