fbpx

TA-AMMULAT

Thursday, 04 April 2024 06:17

Pahami dengan Akidah Pasti Ringan

Written by Adham Syarqawi
Rate this item
(0 votes)

Pahami berbagai masalah dengan akidah pasti ringan. Bayangkan para syuhada' Uhud. Hamzah ra. dibelah perutnya dan dicincang lalu tergeletak di tanah dengan wajah tertutup tanah.

Pemandangan yang sangat menyakitkan, jika kamu memahaminya terpisah dari kisah lengkapnya. Tetapi sekarang kamu mengetahui bahwa dia menjadi pemimpin para syuhada'.

Jika dikatakan kepadanya pada hari tersebut: Apakah kamu ingin kembali ke dunia? Pasti Beliau menjawab: Apa yang bisa dilakukan seseorang di dunia sedangkan dia telah mendapatkan surga?

Bayangkan seorang pemuda Quraisy yang ganteng dan manja, Mush'ab bin Umair ra. Pakaiannya dicuci dengan air bunga dan memakai beragam parfum dari berbagai belahan dunia. Jika melewati suatu jalan, setelah itu dikatakan: Mush'ab baru saja melewati jalan ini! Di akhir perjalanan hidupnya, Mush'ab ra. terbunuh. Kedua lengannya yang pernah membawa panji perang pun putus tertebas pedang hingga Nabi saw memandanginya sambil bercucuran air mata lalu bersabda: Saya dulu mengenalmu sebagai anak muda paling necis di kalangan Quraisy!

Mereka tidak punya kain kafan yang cukup untuk menutupi jenazahnya pada hari itu! Jika kamu membaca lembaran dari buku kehidupannya ini saja mungkin kamu berkata: Akhir kehidupan yang mengenaskan! Tetapi sekarang kamu mengetahui isi buku secara lengkap. Kamu mengetahui bahwa hari tersebut menjadi hari paling bahagia bagi Mush'ab bin Umair!

Jika kamu menyaksikan saat api dinyalakan di dalam parit (Ukhdud), dan raja yang zalim bersama para tentaranya mulai melemparkan orang-orang beriman ke dalamnya, mungkin kamu berkata, karena tidak mengetahui sisi gaib dari kisah tersebut: Sungguh raja ini berhasil menumpas musuh-musuhnya dalam satu hari! Dan, betapa buruk akhir kehidupan mereka yang dilemparkan ke dalam parit api!

Tetapi sekarang kamu mengetahui kisah lengkapnya dari A sampai dengan Z. Kamu mengetahui dan mengimani bahwa seseorang bisa keluar dari dunia ini sebagai pemenang sekalipun keluar dalam keadaan terbunuh. Demikian pula seseorang bisa saja meninggalkan dunia ini dalam keadaan kalah sekalipun bisa membantai musuhnya! Kamu mengetahui hal ini dengan sangat baik. Kamu mengetahui bahwa Ashhabul ukhdud itu berada di dalam surga, hidup abadi di dalamnya. Kamu juga mengetahui bahwa raja yang zalim itu telah dikalahkan! Jadikan kisah-kisah di atas sebagai analog.

Jika kamu masuk kamar penyiksaan Firaun di saat dia merasa mantap bahwa minyak telah mendidih hingga cukup untuk memisahkan daging dari tulang dan dia mulai melemparkan anak-anak Masyithah satu demi satu, hingga tidak lama kemudian tulang-tulang mereka mengapung, sementara Masyithah menyaksikan mereka hanya mengucapkan: "Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah", pasti kamu akan berkomentar karena tidak mengetahui apa yang telah terjadi: Sungguh hati ibu ini sangat keras!"

Tetapj kamu akan segera mengetahui bahwa perannya telah tiba. Ia tidak meminta Firaun kecuali satu permintaan di akhir, "Kumpulkan tulang-tulangku dan tulang-tulang anak-anakku lalu kuburkan di satu tempat!" Kamu akan mengatakan, karena tidak mengetahui awal kisahnya: Bukankah dia bisa menyelamatkan jiwanya dan jiwa anak-anaknya!

Tetapi kamu sekarang mengetahui kisahnya secara utuh. Kamu mengetahui bahwa Masyithah telah meruntuhkan kepongahan raja yang mengatakan, Akulah Tuhanmu yang tertinggi!

Sekarang kamu mengetahui bahwa Nabi saw telah mencium aroma wangi surga Masyithah dan anak-anaknya di langit ketika malam perjalanan mi'raj.

Sekarang dan hanya sekarang kamu mengetahui bahwa sebagian pembunuh dikalahkan oleh orang-orang yang menjadi korban mereka. Kemenangan tidak terletak pada bisa bertahan hidup tetapi terletak pada keteguhan memegang akidah dan prinsip!

Kamu bisa membayangkan bahwa Nabi Zakariya dibelah dengan gergaji dan kepala Nabi Yahya dipenggal lalu dijadikan mahar untuk seorang pelacur!

Tetapi sekarang, setelah layar digulung dan semua orang telah pergi, maka dengarkanlah dariku: Sekalikup jasad-jasad itu terkoyak menjadi serpihan tetapi ruh-ruh itu berada di dalam rongga burung hijau, beterbangan di surga pergi kemana pun sesukanya kemudian kembali ke pelita-pelita yang tergantung di Arasy! Karena itu, jangan menangisi mereka tetapi tangisilah dirimu sendiri. Apa yang diinginkan seorang syahid yang bersujud dari duniaku dan duniamu? Untuk apa seorang wanita kembali sedangkan ketika meninggalkan dunia ini dia sedang tidur dengan memakai baju shalatnya agar auratnya tidak terlihat jika orang-orang mengangkat jasadnya dari timbunan reruntuhan?

Apa yang menarik dari duniaku dan duniamu hingga anak-anak Gaza meninggalkan Ibarahim as dan Sarah lalu mereka kembali kepadanya? Janganlah kalian menangisi mereka wahai saudaraku. Tangisilah dirimu sendiri. Karena sekiranya sekarang dikatakan kepada para syuhada' yang melakukan penyerbuan 7 Oktober: "Berharaplah", pasti mereka akan mengatakan: "Ya Allah beri kami kesempatan melakukan penyerbuan 7 Oktober setiap hari dan mati syahid setiap hari. Karena hari kebahagiaan orang merdeka itu ketika dia dimandikan dengan darahnya".•••

 

Read 111 times

PENYALURAN BANTUAN KEMANUSIAAN

SADAQA Salurkan Paket Ifthar dan Sahur untuk Jamaah Masjid Al-Aqsa
Beasiswa Pendidikan Kepada 20 Mahasiswa Palestina
SADAQA Salurkan Paket Sembako untuk Wilayah Deir Al Balah, Gaza
Pendistribusian 500 Paket Ifthar untuk Masyarakat di Wilayah Gaza
SADAQA Tuntaskan Penyaluran Daging Qurban 2019 Tepat di Musim Dingin

PENYALURAN

Daging Qurban Frozen Sampai Pengungsian Warga Palestina

30-Dec-2018

Daging Qurban Frozen Sampai Pengungsian Warga Palestina

Ini adalah rangkaian program Qurban Full Berkah: Berkahnya Full 2019. Alhamdulillah setelah melalui perjalanan 3 bulan lamanya, ...

>>

PROGRAM

Program 1000 Tenda untuk Lombok Masih Membuka Kesempatan Donasi

03-Sep-2018

Program 1000 Tenda untuk Lombok Masih Membuka Kesempatan Donasi

Penyaluran tenda oleh tim SADAQA masih terus di berjalan di Kabupaten Lombok Utara sebagai kabupaten yang terkena ...

>>

PENYALURAN

Penyaluran Tahap Pertama Program "Selamatkan Palestina!"

06-Feb-2021

Penyaluran Tahap Pertama Program "Selamatkan Palestina!"

Alhamdulillaah SADAQA telah menyalurkan bantuan untuk disampaikan kepada para korban luka akibat keganasan serangan zionis israel ke ...

>>

PENYALURAN

Kerjasama Penyaluran Bantuan untuk Progam Buka Bersama di Palestina

17-Jun-2019

Kerjasama Penyaluran Bantuan untuk Progam Buka Bersama di Palestina

Kerjasama penyaluran Bantuan untuk Progam Buka Bersama di Palestina antara SADAQA dan SPM di Ramadhan 1440H.

>>

PROGRAM

SADAQA Menerima Perwakilan dari Midtown Residen

12-Apr-2019

SADAQA Menerima Perwakilan dari Midtown Residen

SADAQA Menerima Perwakilan dari Midtown Residen. Midotown sudah menjadi mitra kerja sadaqa sejak tahun 2018 lalu.

>>

PENYALURAN

Penyelenggaraan dan Penyaluran Program Qurban Full Berkah 2018

09-Jun-2021

Penyelenggaraan dan Penyaluran Program Qurban Full Berkah 2018

Wilayah Gaza mulai mengalami krisis makanan, sejak pintu perbatasan Raffah dan semua jalur masuk menuju Gaza diblokade ...

>>

ARTIKEL

Sekilas Kisah Para Penjaga Al Aqsa

02-Jan-2020

Sekilas Kisah Para Penjaga Al Aqsa

Masjidil Aqsa adalah masjid utama ketiga bagi umat muslim setelah masjidil Haram di Mekah, dan masjid Nabawi ...

>>

PENYALURAN

Buka Puasa Bersama Rakyat Gaza di Ramadhan 1440H

18-Jun-2019

Buka Puasa Bersama Rakyat Gaza di Ramadhan 1440H

Pada Ramadhan 1440H/2019M SADAQA kembali mengirim bantuan pangan dalam Progam Paket Buka Puasa. Team SADAQA di Gaza ...

>>

PENYALURAN

Pembagian 5000 Paket Buka Puasa 2019

18-Aug-2019

Pembagian 5000 Paket Buka Puasa 2019

Sejak hari pertama ramadhan, SADAQA terus berupaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Palestina.

>>

PROGRAM

SADAQA Bersama Izzatul Islam Selalu On Fire untuk Palestina

23-Feb-2019

SADAQA Bersama Izzatul Islam Selalu On Fire untuk Palestina

SADAQA bekerjasam DQ Mulia menghadirkan Izzatul Islam dalam Konser Suara Kemanusiaan untuk Palestina. Antusias masyarakat Indonesia selalu besar untuk ...

>>

ARTIKEL

Kembali Menakar Hakikat dan Keutamaan Sedekah

20-Sep-2018

Kembali Menakar Hakikat dan Keutamaan Sedekah

Sedekah secara bahasa berarti jujur atau benar. Sedekah berasal dari kata bahasa Arab صدقة yang berarti benar ...

>>
©Sadaqa Mulia 2024. All Rights Reserved.