fbpx

TA-AMMULAT

Saturday, 18 May 2024 09:18

Bila Kebodohan dan Kebutaan Berhimpun

Written by Dr. Ibrahim Al-Turkawi
Rate this item
(1 Vote)

Ujian terburuk yang dialami seseorang adalah terhimpunnya kebodohan dan kebutaan. Kebodohan akan hukum-hukum Allah (sunnatullah) yang berlaku, dan kebutaan terhadap sejarah yang di dalamnya diketahui akhir bahagia bagi orang-orang yang komit dengan kebenaran dan perbaikan, dan akibat yang kelam dan menyedihkan bagi para pelaku kebatilan dan para perusak.

Di antara hukum-hukum Allah (sunnatullah) itu adalah hukum "kebenaran pasti melumat kebatilan betapapun tinggi dan tebal buihnya, dan tidak ada yang tersisa (bertahan) di muka bumi kecuali yang bermanfaat bagi manusia", sebagaimana firman Allah Yang Maha Kuasa: 

اَنْزَلَ  مِنَ  السَّمَآءِ  مَآءً  فَسَا لَتْ  اَوْدِيَةٌ  بِۢقَدَرِهَا  فَا حْتَمَلَ  السَّيْلُ  زَبَدًا  رَّا بِيًا  ۗ وَمِمَّا  يُوْقِدُوْنَ  عَلَيْهِ  فِى  النَّا رِ  ابْتِغَآءَ  حِلْيَةٍ  اَوْ  مَتَا عٍ  زَبَدٌ  مِّثْلُهٗ  ۗ كَذٰلِكَ  يَضْرِبُ  اللّٰهُ  الْحَـقَّ  وَا لْبَا طِلَ  ۗ فَاَ مَّا  الزَّبَدُ  فَيَذْهَبُ  جُفَآءً  ۚ وَاَ مَّا  مَا  يَنْفَعُ  النَّا سَ  فَيَمْكُثُ  فِى  الْاَ رْضِ  ۗ كَذٰلِكَ  يَضْرِبُ  اللّٰهُ  الْاَ مْثَا لَ 

"Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah ia (air) di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti (buih arus) itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan tentang yang benar dan yang batil. Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan." (QS. Ar-Ra'd: 17)

Sesungguhnya "yang paling bermanfaat bagi manusia" itulah yang akan tetap bertahan di muka bumi, sedangkan berbagai kesesatan zaman akan lenyap seperti ribuan kesesatan yang telah lenyap sebelumnya. Ini adalah sunnatullah dan hukum sejarah. Hukum ini menjadi acuan yang tegas dan pasti yang tidak berbelas kasihan kepada mereka yang melanggarnya. Sebaliknya, hukum ini akan "mengkloningnya" dan mengubahnya menjadi tidak mampu bertahan!

Orang cerdas adalah orang yang memahami hukum kebenaran, meneladani jalan para pembaharu, menundukkan hawa nafsunya pada kebenaran dan agama, memegang teguh prinsip kejujuran, dan mewariskan amal shaleh yang besar dan bermanfaat. Sejarah menjadi saksi kebaikannya, dan setelah itu dia akan menjadi kenangan yang baik dan abadi di kalangan generasi mendatang. Dalam hal ini ia mengikuti teladan ayahnya, Nabi Ibrahim tercinta, yang berseru kepada Tuhannya dengan permohonan ini:

رَبِّ  هَبْ  لِيْ  حُكْمًا  وَّاَلْحِقْنِيْ  بِا لصّٰلِحِيْنَ 

"(Ibrahim berdoa), Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh," (QS. Asy-Syu'ara': 83)

وَا جْعَلْ  لِّيْ  لِسَا نَ  صِدْقٍ  فِى  الْاٰ خِرِ يْنَ

"dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian," (QS. Asy-Syu'ara': 84)

Sungguh benar apa yang dikatakan pangeran para penyair: 
Detak jantung seseorang memberitahunya ** Hidup ini hanya beberapa menit dan detik
Maka tinggikan kenangan baik dirimu setelah kematianmu **Sebab kenangan baik itu menjadi umur kedua bagi manusia.
Berbahagialah orang yang telah meninggal tetapi jejak-jejak peninggalan kebaikannya tidak mati. Jejak-jejak kebaikan itu akan senantiasa mengirimkan kepada mereka pahala dan rahmat selama langit dan bumi masih ada dan selama Tuhanmu menghendaki!

Orang bodoh adalah orang yang tidak mengetahui hukum kebenaran, mengikuti jalan para perusak dan orang yang hidup sia-sia , menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan, dan meninggalkan warisan keburukan dan dosa. Sejarah menjadi saksi keburukannya, dan kesudahannya seperti kesudahan orang-orang terdahulu di kalangan para perusak dan bejat, lalu menjadi "pelajaran" zaman sampai hari kiamat. Sungguh malang nasib orang-orang yang sudah ditimbun di dalam tanah, tetapi perbuatan maksiat serta pemikiran sesat mereka terus menyebar dan merusak pikiran dan hati... Sungguh buruk orang-orang yang telah meninggal dunia tetapi dosa-dosa mereka tidak mati bahkan terus mengirimkan tambahan dosa selama langit dan bumi masih ada dan selama Tuhanmu menghendaki!

Dalam hadits dari Jarir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu - dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: 

“Barangsiapa memprakarsai kebaikan dalam Islam dan diikuti orang-orang setelahnya maka baginya pahala yang sama dengan pahala orang yang mengerjakannya, dan pahalanya tidak akan berkurang. Dan barangsiapa memprakarsai keburukan dalam Islam, kemudian diikuti orang-orang setelahnya, maka dicatat baginya dosa sebanyak dosa orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR Muslim: 1017). ].

Karena itu orang-orang saleh berkata: Berbahagialah orang yang mati dan dosa-dosanya juga ikut mati bersamanya, dan celakalah orang yang mati, sementara dosa-dosanya masih tetap berkembang setelahnya!! Sangat disayangkan banyak orang yang dikelabui setan hingga melihat kejahatan tampak indah dan mengikuti hawa nafsunya. Mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hukum kebenaran, dan buta terhadap sejarah serta catatannya tentang sikap-sikap manusia yang diabadikannya dalam sejarah. Mereka tidak memahami berbagai "hukum kebenaran" yang dengannya Allah menghancurkan kebatilan. Mereka tidak menyadari bahwa sikap-sikap mereka hari ini akan dicatat dan esok akan menjadi sejarah yang bersaksi atas kejahatan mereka! 

Alangkah mulianya sejarah karena tidak melupakan sikap-sikap para pahlawan dan tidak pernah pula melupakan kedudukan orang-orang terhormat, bahkan menjadikan kenangan mereka - selalu dan selamanya - memenuhi bumi dan langit... Lihatlah bagaimana sejarah merayakan dan mengabadikan Bilal, seorang warga Etiopia, dan melemparkan Abu Jahal ke ketanjang sampah sejarah sekalipun dia seorang Quraisy, bahkan melemparkan Abu Lahab ke neraka, sekalipun dia paman Nabi Muhammad SAW. Karena sesuatu hal yang sangat penting seseorang dalam shalatnya setiap hari mengulang-ulang doa:

اِهْدِنَا  الصِّرَا طَ  الْمُسْتَقِيْمَ 

"Tunjukilah kami jalan yang lurus," (QS. Al-Fatihah: 6)

صِرَا طَ  الَّذِيْنَ  اَنْعَمْتَ  عَلَيْهِمْ  ۙ غَيْرِ  الْمَغْضُوْبِ  عَلَيْهِمْ  وَلَا  الضَّآلِّيْنَ

"(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS. Al-Fatihah: 7)

Ini adalah pembaruan perjanjian; agar manusia bisa tergabung bersama dengan orang-orang yang diberkahi Allah, seperti para nabi, orang-orang yang jujur, orang-orang yang syahid, dan orang-orang yang saleh, dan tidak tergabung bersama orang-orang yang sesat dan orang-orang yang dimurkai, dan tidak juga bersama orang-orang yang tidak berguna dan perusak!Itu adalah hukum-hukum Allah (sunnatullah) yang permanen, yang mengibarkan panji kebenaran dan mematahkan kekuatan kebatilan!

Seruan kebenaran bergema - pagi dan sore - di seluruh sudut alam semesta menyuarakan firman Allah: 

قُلْ  اِنَّ  رَبِّيْ  يَقْذِفُ  بِا لْحَـقِّ  ۚ عَلَّا مُ  الْغُيُوْبِ

"Katakanlah, Sesungguhnya Tuhanku mewahyukan kebenaran. Dia Maha Mengetahui segala yang gaib." (QS. Saba': 48)

قُلْ  جَآءَ  الْحَـقُّ  وَمَا  يُبْدِئُ  الْبَا طِلُ  وَمَا  يُعِيْدُ

"Katakanlah, Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi." (QS. Saba': 49)

(*) Penulis dan peneliti pemikiran Islam. (ars)

 

Read 30 times

PENYALURAN BANTUAN KEMANUSIAAN

#BangkitPalu SADAQA Salurkan Bantuan ke Desa Sidera, Sigi
Beasiswa Pendidikan Kepada 20 Mahasiswa Palestina
Penyelenggaraan dan Penyaluran Program Qurban Full Berkah 2018
SADAQA Salurkan Paket Ifthar dan Sahur untuk Jamaah Masjid Al-Aqsa
SADAQA Salurkan Bantuan Ambulance Untuk Palestina

KOMUNITAS

STF#9: Merebut Heliopolis di Pintu Afrika

03-Feb-2021

STF#9: Merebut Heliopolis di Pintu Afrika

Kaum Turki adalah bangsa yg ikut menciptakan wajah dunia hari ini. Negeri mereka saat ini berdiri diatas ...

>>

PENYALURAN

Donatur SADAQA Kembali Hangatkan Palestina di Penghujung Musim Dingin

09-Mar-2020

Donatur SADAQA Kembali Hangatkan Palestina di Penghujung Musim Dingin

Alhamdulillah bantuan musim dingin untuk Program Winter Aid 2020, kembali di salurkan. Ini merupakan tahap ketiga dari ...

>>

PENYALURAN

Roti Kirimanmu Selamatkan Hari-Hari Masyarakat Gaza

21-Nov-2023

Roti Kirimanmu Selamatkan Hari-Hari Masyarakat Gaza

Beberapa hari yang lalu SADAQA telah mendirikan dapur umum darurat di shelter sekolah Kaman Adwan – Ma’had ...

>>

ARTIKEL

Hentikan Blokade

03-Apr-2024

Hentikan Blokade

Sejak tahun 2005 negara teroris, Israel, melakukan blokade darat, laut dan udara terhadap Jalur Gaza dan penduduknya ...

>>

PENYALURAN

SADAQA Salurkan Donasi Tahap Kedua ke Wilayah Khan Younis, Gaza

11-Nov-2023

SADAQA Salurkan Donasi Tahap Kedua ke Wilayah Khan Younis, Gaza

SADAQA telah menyalurkan donasi tahap ke-2 yang sahabat titipkan melalui kami. Kali ini donasi yang disalurkan kami ...

>>

PROGRAM

Lembaga Kemanusiaan SABIL Kunjungi Kantor SADAQA

30-Jul-2019

Lembaga Kemanusiaan SABIL Kunjungi Kantor SADAQA

Untuk kesekian kalinya SADAQA menerima kunjungan silaturrahim lembaga-lembaga kemanusiaan untuk Palestina. Hal ini tentu akan memperluas jaringan ...

>>

PENYALURAN

Penyaluran Bantuan Ramadhan ke Al-Aqsa

03-Jul-2018

Penyaluran Bantuan Ramadhan ke Al-Aqsa

Penyaluran bantuan buka puasa di Al-Aqsa oleh Sadaqa.

>>

PROGRAM

Pelatihan Menghafal Al-Quran Metode Gaza Gelombang Ke 2 di Mataram NTB

20-Oct-2019

Pelatihan Menghafal Al-Quran Metode Gaza Gelombang Ke 2 di Mataram NTB

Masyaallah Tabaarakallah, peserta pelatihan menghafal Al-Quran Metode Gaza Gelombang ke 2 di Mataram NTB penuh sesak dan ...

>>

PROGRAM

Rapat Kerja SADAQA Menuju Semester Kedua Tahun 2018

29-Jun-2018

Rapat Kerja SADAQA Menuju Semester Kedua Tahun 2018

Alhamdulillah semester pertama 2018 program kerja terlaksana dengan sangat baik, tentunya ini atas taufiq dari Allah dan ...

>>

PENYALURAN

Penyaluran Bantuan Untuk Pengungsi Palestina di Sekolah Quran Soekarno-Hatta, Kilis, Turkiye

02-Jun-2024

Penyaluran Bantuan Untuk Pengungsi Palestina di Sekolah Quran Soekarno-Hatta, Kilis, Turkiye

SADAQA mengunjungi Sekolah Quran Soekarno-Hatta yang terletak di Kota Kilis, Gaziantep, Turkiye pada hari Sabtu (18/5/2024). Pada ...

>>

PROGRAM

SIT Mutiara Islam Berdonasi untuk Palestina

08-Jun-2021

SIT Mutiara Islam Berdonasi untuk Palestina

SADAQA berkesempatan untuk bersilaturahmi ke Sekolah Islam Terpadu Mutiara Islam pada 08 Juni 2021. Pada kesempatan itu sekaligus ...

>>
©Sadaqa Mulia 2024. All Rights Reserved.